Pentingnya Bed Time Stories pada Anak Sebelum Tidur

Menjaga kualitas tidur anak menjadi penting untuk para orang tua demi menunjang performa anak di sekolah. Menjaga kualitas tidur juga dapat memperbaiki ketahanan tubuh anak, sehingga stamina dan konsentrasi anak terjaga belajar pun tetap prima. Mood seorang anak bisa tidak stabil dan performa belajar bisa menurun jika tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Salah satu cara untuk menjaga kualitas tidur yang mungkin Sahabat tidak sangka adalah pentingnya Bed Time Stories untuk anak.

Apa itu Bed Time Stories?

Bedtime stories adalah aktivitas membacakan cerita kepada anak saat menjelang tidur. Ceritanya bisa bervariasi seperti kisah dongeng, fabel, pahlawan atau cerita-cerita modern lainnya. Bedtime Stories juga bisa tanpa bantuan buku cerita sehingga orang tua bisa bercerita langsung secara spontan mengenai kisah apa saja termasuk cerita-cerita fiksi.

Pentingnya Bed Time Stories untuk Anak

Namun sayangnya, orang tua mulai meninggalkan kebiasaan membacakan cerita pada anak sebelum tidur, apalagi di era digital seperti saat ini yang serba praktis dan cepat. Padahal ada banyak manfaat saat orang tua mau meluangkan waktu untuk aktivitas bedtime stories pada anak. Menurut beberapa penelitian, bedtime stories dapat melatih konsentrasi, meningkatkan kualitas tidur anak, dan membangun kedekatan antara anak dan orang tua yang membacakan cerita. Setelah sesi bedtime stories selesai, orang tua dan anak dapat melanjutkan berbagi cerita lainnya dengan nyaman seperti kegiatan di sekolah atau rencana liburan bersama.

Bedtime Stories yang rutin dilakukan oleh orang tua dapat membuat anak menjadi terbiasa melakukan sesuatu secara terjadwal. Hal ini dapat membentuk jadwal anak dalam hal rutin lainnya seperti tidur cukup setelah dibacakan cerita oleh orang tua. Dengan tidur yang cukup, anak akan lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kekurangan energi di keesokan harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu