Dalam sebuah penelitian yang dilakukan telah ditemukan bahwa saat Anda sedang tidur, otak akan memanfaatkan hal tersebut untuk mengeluarkan semua racun yang muncul saat  Anda berpikir selama seharian. Hasil dari penelitian yang dimuat dalam jurnal Science ini menemukan bahwa selama Anda tidur, sel-sel dalam otak akan mengalami penyusutan. Hal inilah yang kemudian akan memberi celah neuron dan cairan otak sehingga racun yang terdapat dalam otak bisa keluar.

Selain itu, para peneliti juga memiliki pendapat bahwa salah satu hal yang menyebabkan gangguan otak adalah jika otak tidak bersih dari protein beracun dan toxin.  Tim dari Universitas Rochester Medical Center menulis tentang penemuan yang berhasil mereka lakukan ini pada jurnal Science. ” Studi ini menunjukkan bahwa otak memiliki beberapa keadaan fungsi yang berbeda ketika tidur dan ketika terbangun. Faktanya adalah bahwa tidur sangatlah penting untuk membersihkan otak dari produk sampingan sebagai hasil dari aktivitas saraf yang terkumpul selama kita beraktivitas.”Ujar Dr. Maiken Nedergaard. Jika tidur Anda terganggu atau kurang nyaman segera datang ke Toko Kasur Online American Pillo dan temukan kasur terbaik untuk tidur Anda yang lebih baik dan lebih nyenyak lagi.

  • Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan dalam Science Translational Medicine mereka menyebut hal ini dengan istilah “Glymphatic System”, karena sistem ini bekerja seperti sistem lymphatic pada tubuh namun diatur oleh sel-sel otak yang dinamakan glial cells.

  • Selain itu, hasil penelitian ini juga akan memberi bukti tambahan dari penelitian sebelumnya. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa otak memiliki saluran sendiri, yang dinamakan dengan sistem glymphatic. Dimana sistem glymphatic ini akan bertugas untuk mengeluarkan kotoran dari dalam otak. Glymphatic System bekerja dengan membersihkan racun-racun dan zat-zat sisa yang mungkin bertanggung jawab terhadap berbagai penyakit pada otak , seperti contohnya Alzheimer.

  • Tim ilmuwan ini juga menyimpulkan bahwa ketika tidur, otak bahkan mengalami perubahan fisik yang membuat sistem pengusiran racun ini berjalan jauh lebih cepat. Sel-sel otak dapat menyusut hampir sekitar 60%, meningkatkan ruang antar sel sehingga racun-racun dapat dibuang secara lebih efektif.

Itulah peran tidur bagi detoxifikasi otak yang dapat saya berikan dalam pertemukan kali ini. Semoga Anda lebih memperhatikan lagi tidur Anda jangan sampai penyakit menyerang tubuh Anda akibat kurang tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu