5 Tips Alami untuk Menghilangkan Dengkur atau Ngorok

Dengkuran saat tidur terjadi akibat penyumbatan sebagian saluran nafas atas, dan hal ini kerap menjadi permasalahan yang mengganggu. Gangguan ini tidak hanya berdampak negatif pada kualitas tidur orang lain, tetapi juga dapat mempengaruhi kualitas tidur penderita dengkuran itu sendiri. Untungnya, terdapat beberapa metode alami yang efektif untuk mengendalikan dengkuran atau ngorok agar Sahabat mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak dan senyap:

5 Tips Mudah Menghilangkan Dengkur / Ngorok

1. Pengurangan Berat Badan bagi Obesitas

Akumulasi jaringan lemak di sekitar leher dapat menyebabkan penyempitan saluran nafas atas, sehingga memicu terjadinya dengkuran. Oleh karena itu, penurunan berat badan pada  orang yang mengalami obesitas merupakan solusi efektif untuk mengendalikan dengkuran. Bahkan, penurunan beberapa kilogram saja, dapat memberikan dampak signifikan dalam pengurangan dengkuran.

2. Ubah Posisi Tidur

Posisi tidur tertentu, terutama tidur terlentang dapat memperparah dengkuran. Hal ini terjadi karena gravitasi yang menekan lidah dan jaringan lunak pada saluran nafas atas, sehingga jalan udara menjadi lebih sempit dan menghalangi sebagian aliran udara yang masuk. Sebagai solusi, Sahabat bisa mencoba untuk tidur miring.  Selain itu, penggunaan bantal yang lebih tinggi untuk menyangga kepala juga dapat membantu menjaga keterbukaan saluran nafas atas dan mengurangi dengkuran.

3. Pelatihan Otot-Otot Tenggorokan

Latihan otot-otot faringeal atau tenggorokan dapat membantu memperkuat otot-otot tersebut, sehingga dapat mencegah kolaps saluran napas atas yang memicu dengkuran. Beberapa contoh latihan yang dapat Sahabat lakukan meliputi bernyanyi, meniup terompet, atau melakukan latihan menelan khusus. Meskipun terkesan sederhana, latihan-latihan ini dapat memberikan efek yang signifikan.

4. Peningkatan Kelembapan Udara di Kamar Tidur

Udara yang kering dapat mengiritasi saluran nafas atas, sehingga memperparah dengkuran. Untuk menjaga kelembapan saluran napas atas dan mengurangi dengkuran, penggunaan alat pelembap udara atau humidifier di kamar tidur sangat dianjurkan.

5. Penghindaran Konsumsi Alkohol dan Obat Penenang Sebelum Tidur

Alkohol dan obat penenang diketahui memiliki efek relaksasi otot, termasuk otot-otot pada saluran nafas atas. Kondisi otot yang lebih relaks dapat menyebabkan penyempitan saluran nafas atas dan menimbulkan dengkuran. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol dan obat penenang, minimal beberapa jam sebelum waktu tidur, guna mencegah terjadinya dengkuran.

Begitulah 5 tips untuk menghilangkan dengkuran secara alami. Semoga tips tips diatas dapat membantu Sahabat untuk tidak mendengkur lagi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu