Tidur adalah salah satu kebutuhan setiap orang. Dengan tidur, energi yang kita butuhkan akan kembali seperti semula dan tubuh pun semakin segar. Namun, tidak sedikit orang yang kekurangan akan tidur karena ketidaknyenyakan saat akan beristirahat.

Disamping itu, ketidak nyenyakan tidur di malam hari juga dipengaruhi oleh faktor lainnya salah satunya adalah kesibukan yang mendera sehingga menjadikan jam istirahat sebagai jam beraktivitas.

Tetapi, jika diperhatikan dengan baik jam tidur yang kurang sangatlah buruk untuk kesehatan kita. Sesibuk dapapun kita, mengurangi jam tidur bukanlah hal yang baik untuk dibiasakan. Tetapi bila Anda terjebak dalam satu moment yang krusial dangan merasa mengantuk berat, berikut beberapa cara atau metode yang bisa Anda lakukan.

1. Membasuh muka

Saat ngantuk datang, pastinya yang terbayang adalah tidur di spring bed nyaman dari American Pillo. Namun jika Anda sedang dalam aktivitas dan mengharuskan terjaga maka langkah yang dapat dilakukan adalah membasuh muka dengan air.

Mengambil air untuk mencuci muka bisa menjadi salah satu cara untuk menyegarkan kembali wajah yang mengantuk dan lelah. Lakukan beberapa kali bila perlu dan jangan lupa gunakan pelembab atau pembersih wajah agar semakin segar.

2. Meminum air putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan begitu juga dengan apapun yang berhubungan dengan aktivitas tidur kita. Saat Anda mengantuk dan tidak ingin tertidur, minumlah air putih yang cukup banyak untuk membantu menyegarkan diri Anda.

Cara ini memang sangat alami dan aman dibanding Anda mengonsumsi kopi. Namun kalau Anda membutuhkan rasa manis yang membuat Anda cerah kembali, tambahkan sedikit gula atau madu agar lebih sehat pada air putih yang akan diminum.

3. Stretching

Stretching adalah bentuk pelemasan pada tubuh agar menjadi lebih segar kembali. Selain itu, Stretching juga bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan rasa kantuk saat tidak ingin tertidur.

Disamping itu, Stretching juga bisa membuat sistem kardiovaskular lebih aktif dan tubuh pun tidak mudah untuk jenuh. Banyak cara Stretching yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah naik turun tangga selama 10 menit.

4. Hirup udara segar

Saat Anda mengantuk, mungkin Anda kekurangan oksigen. Maka dari itu, cobalah keluar ruangan dan hirup oksigen sedalam-dalamnya agar tubuh menjadi lebih segar dan terhindar dari rasa kantuk. Menghirup udara segar sambil bergerak juga bisa membuat metabolisme lebih aktif kembali.

Itulah beberapa tips terkait dengan menghilangkan rasa kantuk pada Anda yang memiliki kekurangan jam tidur. Disamping ke-4 tips diatas, Anda juga bisa memijit telinga dan kepala agar rasa kantuk sedikit demi sedikit menjadi hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu